Cara Menanam Rumput Jepang







Cara Menanam Rumput Jepang

Rumput jepang adalah salah satu jeni rumput hias yang sering ditanam di halaman rumah untuk memperindah taman. Cara menanam rumput jepang juga sangatlah mudah. Nama lain rumput jepang yaitu di daerah lain sering disebut rumput jarum atau rumput babi. Manfaat rumput jepang juga digunakan sebagai penahan tanah.Cara menanam rumput jepang juga harus memperhatikan faktor cuaca, pupuk dan juga drainase. Ciri-ciri rumput jepang yaitu berdaun hijau seperti duri, tinggi sekitar 5cm dan tumbuh bergerombol. Berikut gambar rumput jepang
rumput jepang
rumput jepang
gambar 1. Rumput Jepang
gambar rumput jepang
 gambar rumput jepang
gambar 2. Rumput Jepang

Tips Cara Menanam Rumput Jepang

Berikut beberapa Tips dan Trik Cara Menanam Rumput Jepang 
  1. Cangkulah tanah sekitar kedalaman 15cm. Gemburkan tanah dan ratakan, supaya saat tumbuh bisa rata. 
  2. Lebih disarankan untuk menggunakan pupuk kandang untuk pencampuran tanah setelah dicangkul dan digemburkan
  3. Gunakan pupuk organik / urea di atas tanah yang sudah digemburkan tadi dan diamkan selama 1-2 hari sebelum ditanam, agar efek panas pupuk sudah hilang.
  4. Siram dengan air secara merata. Penggunaan air lebih diutamakan sedikit agar tidak terlalu lembek
  5. Buatlah lubang-lubang kecil untuk meletakkan rumput yang sebelumnya sudah dibelah. Jarak sekitar 5cm agar permukaan nantinya tertutup rapat
  6. Lepaskan rumput dari gerobolan, pastikan setiap bibit ada akarnya seperti gambar rumput jepang di bawah ini.
    akar rumput jepang
    akar rumput jepang
  7.  Tanam rumput disore hari karena akan mengurangi penguapan panas matahari
  8. Setelah semua rumput tertanam sebarkan pasir untuk membuat permukaan rumput menjadi rata
  9. Bila cuaca panas siram 2 kali sehari, jika tidak minimal sore hari disiram
  10. Rumput harus terkena sinar matahari secara langsung karena penting untuk proses fotosintesis, rumput yang terlindung dari sinar pertumbuhannya menjadi terhambat.

Rumput Jepang
rumput jepang untuk halaman
rumput jepang
gambar 2. Rumput jepang untuk halaman
Rumput jepang perlu pupuk urea yang lebih banyak ketimbang rumput gajah mini. Dalam satu bulan, harus dipupuk dua kali. Ini membutuhkan lebih banyak biaya untuk pembelian rumput. Dan juga penyiraman harus dilakukan secara rutin karena rumput jepang cepat mengering. Daunnya yang kurus tumbuh rapat. Kalau tidak dipangkas sebulan sekali, bagian bawahnya akan berwarna kekuningan. Saat sudah terlalu rimbun, sinar matahari tak sampai ke bawah. Itulah yang membuatnya kuning.







Cara Menanam Rumput Jepang


Cara Menanam Rumput Jepang

Rumput Jepang merupakan salah satu jenis rumput hias yang sering ditanam di halaman rumah untuk memperindah taman. Nama lain Rumput Jepang di daerah lain sering disebut Rumput Jarum atau Rumput Babi dan juga Rumput Peking. Manfaat Rumput Jepang juga digunakan sebagai penahan tanah. Selain itu dengan adanya Rumput Jepang di halaman rumah atau taman kita, akan memperindah taman rumah kita karena tampak hijau seperti karpet yang di gelar di halaman rumah kita. Manfaat lain yaitu mengurangi Efek Global Warming yang belakangan ini sedang marak diperbincangkan.  Ciri-ciri rumput jepang yaitu berdaun hijau seperti duri, tinggi sekitar 5cm dan tumbuh bergerombol.


 Cara Menanam Rumput Jepang juga sangatlah mudah. Cara menanam rumput jepang juga harus memperhatikan faktor cuaca, pupuk dan juga drainase.
Berikut Cara Menanam Rumput Jepang
  1. Gemburkan tanah dan ratakan dengan menggunakan cangkul
  2. Bila perlu, taburkan pupuk kandang diatas tanah yang telah dicangkul dan digemburkan. Ini tergantung selera dan kondisi, pada dasarnya tidak diberi pupuk pun bisa tumbuh hanya saja waktunya mungkin agak lama.
  3. Siram dengan air secara merata. Hal ini penting supaya rumput yang anda tanam bisa langsung beradaptasi dan menyatu dengan tanah, apalagi jika bibit rumput anda dapat dari luar daerah yang kontur tanahnya berbeda dengan tanah di rumah anda. Sebaiknya berikan air secukupnya supaya tanah tidak sampai becak.
  4. Buatlah lubang-lubang kecil untuk meletakkan rumput yang sebelumnya sudah dibelah. Besarnya potongan tergantung selera, Jarak tanam juga tergantung selera, semakin rapat maka rumput akan semakin cepat tertutup rapat, idealnya jarak antar potongan adalah selebar 3 jari kita.
  5. Ambil bibit rumput dari gerombolan, tapi jangan lupa, bibit rumput harus ada akarnya supaya dapat tumbuh, anda juga bisa langsung menanam dalam bentuk lembaran ketika anda beli tanpa membaginya lagi menjadi beberapa bagian,tapi jika anda ingin hemat bibit rumputnya, anda boleh membaginya menjadi 2 atau 3 bagian.
  6. Letakkan bibit rumput ke tanah yang telah disiapkan, berikan sedikit tekanan pada rumput supaya dapat bersatu dengan tanah.
  7. Tanam rumput disore hari karena akan mengurangi penguapan panas matahari
  8. Setelah semua rumput tertanam sebarkan pasir atau tanah lembut untuk membuat permukaan rumput menjadi rata
  9. Bila cuaca panas siram 2 kali sehari, jika tidak minimal sekali sehari yaitu pada sore hari, kecuali saat musim hujan anda tidak perlu menyiram tiap hari, kecuali memang anda tidak punya kerjaan :p
  10. Rumput harus terkena sinar matahari secara langsung karena penting untuk proses fotosintesis, rumput yang terlindung dari sinar pertumbuhannya menjadi terhambat.
  11. Setelah tertanam semua, siram lagi dengan air dan pastikan basah semua.
Nahh itu tadi sekedar tips Cara Menanam Rumput Jepang, sebenarnya tidak aturan khusus apalagi hukumnya dalam Menanam Rumput Jepang, semua tergantung selera dan logika, heheee
Nahh bagi anda yang ingin menanam rumput jepang silahkan hubungi kami untuk pemesanan Rumput Jepang Murah.

“Arya Flower”
Sahabat Taman Anda

Komentar

  1. Kami Tukang Taman Surabaya adalah jasa pembuatan taman tropis dan vertiacal garden yang berlokasi di Surabaya jawa timur, selain nursery tanaman sendiri kami juga menyediadan jasa pembuatan taman dengan bergbagai model dan konsep taman.
    LAYANAN TUKANG TAMAN
    Membantu untuk memilih konsep yang sesuai dengan keinginan anda indoor outdor kami akan lebih variatif untuk memberikan yg terbaik.
    DOKUMENTASI PEKERJAAN
    Memberikan gambaran dan gagasan dalam memilih konsep yang sesuai dengan keinginan anda indoor maupun outdoor.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Takaran Thinner Dan Cat

Olok-olok Surabaya

KECAP NUSANTARA